Domain Hacks

Dari namanya saja sudah self-explanatory kan? Ya, domain hacks ditujukan untuk mengistilahkan hasil aktivitas mengutak-atik berbagai pilihan nama domain sehingga bernilai jual, unik, teramat khas dan nyaman di benak target pengunjung; dan itu semua dilakukan tanpa bergantung pada pilihan nama domain yang konvensional.

Contohnya saja <del.icio.us>, situs bookmarking ini unik dengan TLD .us sebagai sasaran domain hacks. Alih-laih membatasi diri dengan pilihan <delicious.com> atau <delicious.net>, justru digunakanlah <del.icio.us>. .us sendiri merupakan ccTLD untuk USA.

Contoh lainnya ialah <blo.gs>, <grou.ps>, dan <doma.in>.

Kalau untuk Indonesia, nama domain yang “merakyat” seperti <code>.web.id</code> sepertinya tergolong tidak domain hacks-friendly. Tapi ada juga yang lumayan mengena. Ya, tentunya yang berkaitan seputar “dunia web”.

Adapun situs Indonesia yang menggunakan TLD negara lain ternyata juga ada. Sebut saja <kun.co.ro>, <daus.trala.la> dan <desainku.untuk.mu>. Lihatnya aja asyik. Coba dilafalkan… pasti tambah asyik.


  1. Koen of kun.co.ro memang mengajukan diri sebagai penggila domain. Biarpun kadang nggak beli, cuman nyuruh orang lain beli. Titi.dj misalnya. Atau Budi.Rahard.jo. Atau Kukuh.tw. Atau domain2 di Libya: Sure.ly, Exact.ly, Natural.ly. Tapi ujung2nya, yang diambil beneran malah domain yang memang dikhususkan untuk orang gila: KOEN.ORG.IL

  2. namain

    Pak Koen, namain juga ingin berbagi pencerahan seputar domain hacks *halah*

    KOEN.ORG.IL – nya beneran ya…🙂
    Harus disosialisasikan tuhh… btw, Mengingat content-nya, nggak diapa-apain tuh sama Israeli Gov? Apalagi sampai nyebut-nyebut ORANG ISRAEL GILA, he..he..

  3. @Namain: Dipantau aja. Sejauh ini belum diapa2in🙂. Barangkali mereka tahu bahwa domain yang ini beneran dipakai memantau pelaksanaan demokrasi dan kebebasan berekspresi “di” Israel.

  4. hebat pada kreatif……
    aku paling ga bisa nyari-nyari nama kayak gitu

  1. 1 .tv Itu “Bukan” Untuk Televisi « Namain’s Weblog

    […] Tapi ada yang lebih kreatif lagi, <http://telkom.tv&gt;. Kira-kira apa maksudnya? Sejak kapan Telkom punya stasiun televisi sendiri? Ternyata, .tv di sana dimaknai sebagai taman virtual. Yah, itulah asyiknya domain hacks. […]

  2. 2 Moelai Tjintai Jang Lama Oentoek … « Namain’s Weblog

    […] di benak ketika mengingat Google, Amazon, Digg, Yahoo, Woot, Mahalo, Ning, Ohloh, Script.aculo.us (domain hacks lagi) dan bahkan situs yang belum ada isinya: Blekko, ialah keunikan nama […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: