Penulis 4000-an Rupiah? Benul-kah?

”Tepatnya” sih 4.850 rupiah. Ya, Rp 145.000 perbulan itu (lebih kurang) sama dengan Rp 4.850 perhari, atau tidak sampai seharga satu piring nasi padang. Dan angka 4.850 itu bukan angka fiktif! So, apanya yang Benul?

Belajar menulis, nama domainnya hmmhhh.. generik. Expirednya 23 Januari 2009. Butuh d-e-l-a-p-a-n (8) suku kata sampai selesai melafalnya. Panjang ya?

Bisa diakrabi sebagai BMC (alias Belajar Menulis dot Com) kalau merujuk pada dekrit *halah* tentang penyingkatan nama domain (initialism). Bisa juga didekati sebagai Benul (Belajar menulis), jika mengingat celetukan Powered by ”keseleo lidah” (edisi disengaja he.. he..). Tapi sejauh ini, sepertinya masih BelajarMenulis.com yang diperkenalkan.

Ada sekolah online-nya juga. Materinya masih banyak menawarkan Kiat A, Kiat B, Kiat C, dst. IMHO, apakah tidak ”terlalu dangkal” untuk sebuah sekolah menulis online? Terselip juga dalam list topik: ”dan masih banyak lagi”. (Ber)apa sebenarnya yang dimaksud? Lebih simpelnya jadi memancing tanya: ”kurikulum” belajar menulis-nya belum lagi terformulasi atau terstandardisasi-kah? *Ups, itu sudah angkatan ke-2 ya? Berarti sudah teruji? Nanya aja, kontak gih sana. He..he..*

Ekspektasi belebihan mungkin saja muncul. Apalagi deretan mentor yang dijanjikan termasuk *bukan main-main*.Sebut Blogwalk saja Melvy Yendra, Arul Khan, O. Sholihin, Kinoysan dan pengelola Jonrunominator blog terbaik di PB2007.

Intensitas dan kedekatan interaksi (dan jaringan?) dengan penulis yang berkompeten inilah yang bisa jadi p-o-i-n u-t-a-m-a dalam konteks keleluasaan yang dimungkinkan oleh i-n-t-e-r-n-e-t (wah, jadi slogannya belajar menulis jarak jauh atau jarak dekat ya?). Sayangnya, karya setiap peserta yang dibedah oleh masing-masing mentor ternyata hanya sebatas 3 buah saja—*hey, bisa membuat TIGA BUAH KARYA itu sudah istimewa!!*

Kini, di zaman layanan online Web 2.0 makin ”menggila” *tengok-tengok Techcrunch*, ”terobosan” BelajarMenulis.com (meski belum lagi Web 2.0—bahkan IMHO untuk designnya sekalipun) mungkin bisa menjadi referensi bagi penulis lain (termasuk akademisi?) untuk sejenak mengkristalisasi ide: bagaimana menggarap pasar dunia maya?

Siapa tahu nanti berkembang juga platform yang sudah terkustomasi untuk keperluan seperti itu? Seperti kombinasi Google Docs atau Wikipedia/MediaWiki (IMHO, ini yang tampak paling realistis dan relevan kalau mau dicoba oleh BelajarMenulis.com) untuk kolaborasi menulis, khususnya editing. Tambah lagi wahana chat seperti Meebo, hingga jaringan penerbitan indie, dst, dst. Dan kesemuanya itu ”diasuh” oleh para penulis handal. *ngimpi ya*

Banner 2 BelajarMenulis.com

Oya, Rp 4.850 itu memang bukan angka fiktif, Mas Jonru sendiri yang bilang. Tentu, biaya koneksi internet mah, ya masing-masing dot com! He..he..


  1. Sudut pandang yg bagus

    Salam kenal

  2. namain

    Abuyahya, terimakasih Pak.
    Salam kenal juga.

  1. 1 Lomba Menulis Review Situs BelajarMenulis.com | BelajarMenulis.com

    […] Namain […]

  2. 2 6 Alternative Free Domain Name (Nama Domain Website Gratisan) « Namain’s Weblog

    […] Terakhir Devry di ”Blogger Sejati” Ngeblog d… namain di Penulis 4000-an Rupiah? Benul-… Abuyahya di Penulis 4000-an Rupiah? Benul-… Penulis 4000-an Rupi… di Powered by “Keseleo […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: