Moelai Tjintai Jang Lama Oentoek …

Ini bukan tafsir tunggal untuk gerakan cinta Indonesia. Sekedar usul saja. Barangkali ada yang luput terhadapnya. Dan karena diniatkan menjadi sesuatu yang sederhana, tak perlu menjadi gonjang-ganjing sedunia *halah*.

Seperti jadi rahasia umum, keunikan nama domain bukan hal yang pantas disepelekan. Yang juga berdampak di benak ketika mengingat Google, Amazon, Digg, Yahoo, Woot, Mahalo, Ning, Ohloh, Script.aculo.us (domain hacks lagi) dan bahkan situs yang belum ada isinya: Blekko, ialah keunikan nama domainnya.

Unik di sini secara ”teknis” bisa diartikan bahwa ketika ada orang mencari kata itu lewat search engine maka akan ditemukan ”hanya” situs itu saja. Secara lebih fleksible unik bisa juga bermakna kata-kata/frasa/kalimat yang dijadikan nama domain itu belum memiliki nilai merek yang gagah perkasa.

Nah, teringat dengan ejaan lama dalam bahasa Indonesia, sepertinya belum banyak yang menjulangkannya sebagai alternatif merek nama domain. Padahal kan, potensial!

Tentu, tinggal pemaknaannya disesuaikan agar relevan. Misalkan untuk situs-situs yang memuat konten sejarah. Bisa juga untuk menunjukkan segala sesuatu yang ”benilai silam/masa lalu”. Atau untuk kemungkinan pemaknaan ”kreatif” lainnya.

Penggunaanya pun bisa untuk situs komunitas, jualan online, situs organisasi bahkan blog sekalipun. Rasa-rasanya potensi itu sayang disiakan. Siapa tahu ada nama domain yang mencuat jadi merek tingkat internasional bernilai lokal.*ngimpi*

Contoh nyata: Loenpia.net (Komunitas blogger Semarang), trus apalagi ya


  1. 1 Nama Domain Dengan Huruf “R” « Namain’s Weblog

    […] di 6 Alternative Free Domain Name… Menyi(ng)kat Seconda… di .id “sama dengan” … Moelai Tjintai Jang … di Domain Hacks namain di 6 Alternative Free Domain Name… namain di Dijual!!! Soeharto dan […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: