Bingung Namain E-Mail Blog?

Mau membuat blog? Atau ingin menikmati layanan online yang makin bertebaran danmenggoda untukdicoba? Ada form yang harus diisi? Ada kolom isian e-mail nya juga? Tidak usah bingung. Memang rata-rata layanan online di internet sekarang membutuhkan alamat e-mail pada proses pendaftaran. Berikut beberapa alternatif kemungkinan fungsi alamat e-mail dalam layanan online:

  1. Sebagai username. Ada beberapa layanan online yang mencukupkan alamat email sekaligus sebagai username. Jadi layanan jenis ini tidak memungkinkan kita untuk membuat username pilihan/baru. Misalnya, Friendster.
  2. Sebagai media untuk aktivasi layanan. Jadi begitu selesai mengisi form pendaftaran, layanan online dimaksud akan mengirimkan e-mail otomatis ke alamat e-mail kita. Nah, di e-mail itu biasanya terdapat link konfirmasi aktivasi layanan. Sehingga begitu link itu diklik, kita akan dibukakan jendela browser yang memberitahukan proses berikutnya. Proses berikutnya itu biasanya berupa kiriman e-mail lagi, yang menyatakan bahwa kita sudah resmi terdaftar di layanan online itu. Akhirnya, username dan password yang sudah kita buat ketika awal proses registrasi, akan bisa digunakan.
  3. Sebagai media untuk memberitahukan password. Jadi sewaktu proses registrasi, kita hanya diminta membuat username saja. Sedangkan password-nya akan di-generate/dibuatkan secara otomatis oleh penyedia layanan online itu. Nah, password yang di-generate itulah yang akan dikirmkan ke alamat e-mail yang kita isikan saat pendaftaran. Proses pemberitahuan password juga bakal dibutuhkan ketika suatu saat kita lupa password yang digunakan. Kita cukup mengklik link “Forgot password” atau semacamnya. Lalu munculah halaman baru di mana kita harus mengisikan alamat e-mail yang kita jadikan sebagai alamat kontak. Berikutnya tinggal periksa saja di alamat e-mail kita itu, dan muncul link-link aktivasi atau password baru untuk kita gunakan sementara.
  4. Sebagai prasyarat tukar komentar dalam blogosfir. Lazimnya layanan blog yang ada mewajibkan setiap komentator untuk mengisikan alamat e-mailnya.
  5. Sebagai media untuk approval ‘pemberian izin’ atau sekedar konfirmasi komentar. Sebutlah kita sebagai pengelola suatu blog. Maka setiap komentar yang masuk akan masuk pula ke e-mail yang kita gunakan sebagai e-mail kontak pada blog kita. Memang, alamat e-mail itu tidak dipublikasikan untuk umum. Tapi tentu saja kita, sebagai sang pengelola blog yang dikirimi komentar, akan tahu alamat e-mail yang dari para komentator. Termasuk juga no IP komentator.

Itulah sekilas fungsi e-mail yang biasanya dimintakan pada saat pendaftaran/registrasi di suatu layanan online. Jadi, tidak usah bingung-bingung bukan? Kalau memang ingin me-niche-kan identitas Anda, ya tinggal buat saja alamat e-mail “sebanyak-banyak”nya, sesuai niche yang ingin disasar.😀 Silakan kalau ada yang mau menambahkan.


  1. Gimana caranya menghapus alamat e_mail?




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: