Dot ID dan HaKI; Dan iPhone.web.id Pun Gak Jadi

Bulan ini setahun yang lalu (Juli 2007), nama domain iPhone.com dilaporkan telah dibeli oleh Apple dari Michael Kovatch. Setelah 12 tahun dimiliki, iPhone.com pun akhirnya pindahtangan dan terjual seharga 7 digit (paling tidak sebesar $1.000.000). Berikut beberapa kutipan dari Blog DomainTools.

Michael started an ISP in 1993 and was in the right place at the right time. He knew the Internet would allow telephone calls one day and that is why he registered IPhone.com.

(iPhone.com sewaktu masih dimiliki oleh Michael Kovatch)

– * * * –

(iPhone.com yang sudah setahun lebih dimiliki oleh Apple. Nama domain ini akhirnya  hanya diredirect ke situs apple.com/iphone)

Little did he know the 12 years later the Internet would be one his cell phones and Apple would reveal a product with his name and all this would make him an instant Millionaire.

Tapi tentu bukan motivasi serupa yang mendorong terjadinya keisengan untuk mendaftarkan iPhone.web.id. Meskipun ada sedikit rasa gembira, ketika ternyata nama domain iPhone.web.id masih available. :-p

Ketentuan umum nama domain internet menyebutkan

Pendaftaran berdasarkan prinsip ”nama domain diberikan pada yang mendaftar lebih dahulu dan memenuhi ketentuan” – first come first served.

Kemudian, semua prosedur pendaftaran nama domain baru pun diikuti seperti biasanya. Mulai dari pengisian form kontak (bagi yang baru pertama kali registrasi di register.net.id), pengisian form Domain Information dan Name Server, sampai uploading ‘pengunggahan’ dan penomoran dokumen identitas (KTP punya orang :-D).

Jadinya nama domain iPhone.web.id pun sudah masuk dan dapat dilihat di menu Domain Management -> Domain List. Statusnya ialah Pending Create, status di mana nama domain itu belum terkonfirmasi pelunasan pembayarannya.

Tidak lama setelah mencoba mendaftarkan nama domain iPhone.web.id, balasan dari PANDI akhirnya datang juga. Berikut sekrinsyutnya:

Berikut isi sur-el/pos-el/e-mail itu selengkapnya:

Yth.Admin,

Nama Domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk. Iphone sudah memiliki Hak Merk. Harap melampirkan surat izin dari perusahaan terkait apabila menggunakan nama/merk terkenal.

Salam,

***** ********* *.

Terima Kasih Telah Menggunakan .id untuk domain Anda

Dan iPhone.web.id pun gagal adanya. Karena memang, dalam satu dari 9 butir ktiteria/petunjuk penamaan disebutkan

3. Tidak melanggar HaKI (Harus melampirkan surat izin dari perusahaan terkait apabila menggunakan nama/merk terkenal).

Mengingat kasus di mana “surat palsu” masih bisa lolos juga untuk keperluan pendaftaran .co.id, pastinya masih ada perbaikan yang wajar dilakukan oleh PANDI dalam proses pendaftaran nama domain .id (dot id) ini. Semoga.

*Tapi kurang tahu juga, iPhone.co.id itu punya “siapa” ya?*😉




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: