Nama Domain Menteri Kabinet Indonesia Bersatu

Hampir 2 tahun sudah ada inisiatif pencegahan dibajaknya nama domain menteri. Pertama kali dikonkritkan dengan mencadangkan 26 representasi digital para menteri. Tapi hingga saat ini, sepertinya belum terlihat sambutan yang menggembirakan.

Entahlah, mungkin orang-orang terdekat menteri kabinet Indonesia Bersatu belum mengetahui ada inisiatif ini. Atau juga memang kebanyakan menteri itu yang “acuh tak acuh”. Artinya belum punya kepedulian memadai untuk berinternet ria. Berinternet untuk ngeblog (nge-web), sebagai media komunikasi dengan masyarakat.

Sekedar menulis ulang, berikut ialah daftar 26 25 nama domain menteri dimaksud. Semuanya dicadangkan selama hampir dua tahun (akan expired 10 September 2008).

  1. adhyaksadault.com
  2. bachtiarchamsyah.com
  3. bambangsudibyo.com
  4. djokokirmanto.com
  5. ermansuparno.com
  6. fahmiidris.com
  7. freddynumberi.com
  8. hamidawaluddin.com : mantan menteri
  9. hassanwirajuda.com
  10. hattarajasa.com
  11. jerowacik.com
  12. kusmayantokadiman.com
  13. maftuhbasyuni.com
  14. meuthiahatta.com
  15. mmaruf.com
  16. mskaban.com
  17. paskahsuzetta.com
  18. purnomoyusgiantoro.com
  19. rachmatwitoelar.com
  20. sitifadilah.com
  21. sofyandjalil.com
  22. srimulyani.com
  23. suryadharmaali.com
  24. syaifullahyusuf.com mantan menteri, nama domain available
  25. taufikeffendy.com
  26. widodoas.com

Ketika entri ini ditulis, Pemilu tak lebih dari 260 hari lagi. Memang sih disebutkan bahwa semestinya para menteri itu fokus pada tugas. Alias tidak terseret hingar bingar politik kepartaian jelang Pemilu. Karena memang toh, sewaktu menjadi menteri, sama artinya menyerahkan pelayanan terbaik pada rakyat, bukan parpol. Meski kenyataannya, budaya rangkap jabatan masih subur tertanam. Ya, ini cuma mengutip kata orang-orang😀.

Eh, tapi ini tidak berarti berharap bahwa akan semakin banyak menteri ngeblog hanya karena menjelang Pemilu 2009. Sudah sewajarnya kan, para pelayan rakyat itu semakin membuka diri. Apalagi di zaman teknologi informasi makin penuh terobosan seperti sekarang ini. Ngeblog juga macam-macam, bisa banyak pilihan.

Kalau tidak bisa panjang-panjang, ya mungkin bisa coba ala twitter, kronologger, atau moodmill. Ya, microblogging. Gadget para menteri pun bisa jadi canggih dan mahal. Pasti sayang kalau hanya untuk keperluan yang “biasa-biasa saja”. Seharusnya gadget tersebut dapat lebih dieksploitasi lagi. Kalau menulis terlalu berat, mungkin bisa dengan photo blogging atau bahkan video blogging. Atau paling gampang sih, nanya-nanya deh sama Pak menteri yang sudah ngeblog duluan: Juwono Sudarsono, Yusuf Asyari, dan Anton Apriyantono.

He.. he.. ini bukan mau sok ngajarin yah.. Di sini juga sama-sama blogger pemula, lebih sering hiatusnya daripada ngeblognya😀. Yah, ini sekedar bertukar pendapat saja. Sekedar bertukar semangat saja.

Siapa tahu di momen menjeang Pemilu 2009 ini, progress report para menteri jadi semakin tersampaikan lewat blog pribadi. Tentunya secara lebih akrab, hangat, personal, dan berdayatarik lebih. Siapa tahu juga dengan begitu, masyarakat makin tak segan untuk mengungkapkan dukungannya kepada Bapak dan Ibu Menteri untuk menjabat lagi.😀

Tapi itu tak menutup kemungkinan sebaliknya lho, seperti kalau kinerjanya memang layak dikomentari. Maka bersiap-siap jugalah untuk dikritik habis-habisan. Apa karena ini ya para menteri jadi ketakutan? He.. he.. semoga sih tidak.

Berikut tawaran untuk para menteri dari inisiatif Pak Harry:

Bagi para Menteri yang ingin mengklaim domain namenya, saya akan memberikannya GRATIS. Cukup hubungi saya (yang paling mudah adalah dengan berkomentar di posting ini), maka saya akan menyerahkannya tanpa biaya bagi ybs sama sekali.

Melihat 25 nama domain di atas, ada 2 nama menteri hasil reshuffle kabinet yang tersisa. Keduanya yaitu: Mardiyanto dan Andi Mattalata. Untuk nama domain berakhiran .com keduanya juga masih available. Tapi sepertinya UU ITE sudah cukup jadi perlindungan.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: