Angka Dalam Nama Domain

Sekilas, angka dalam nama domain bisa mengelirukan. Ada masukan memori baru yang lebih “berbelit”. Coba saja phone test. Orang bakal tak langsung mencerna. Malah mungkin balik bertanya. “Apa tadi, nama domainnya apa?”

Tapi sekali ingat, ‘merek’ nama domain itu akan terekam lebih kuat. Apalagi kalau orang tadi menyebar info ke banyak pihak. Tentu, (mudah-mudahan) sambil memberi catatan: eh, anu-nya pake angka biasa, bukan huruf. “Anu” itu maksudnya “angka dalam nama domain”, bisa berapa saja.

Beberapa situs “luar negeri” terkenal ikut menggunakan angka:

  1. 43folders.com
  2. 43things.com
  3. 12seconds.com
  4. 5thirtyone.com
  5. getk2.com
  6. go2web20.net

Terlihat, dengan menggunakan angka, ada keuntungan lain juga. Yaitu ketika angka digabung dengan kata benda. Maksudnya, sebagai penunjuk jumlah. Biasanya, orang akan keliru mengingat download atau downloads, second atau seconds, folder atau folders. Dengan tambahan angka, orang “tak mungkin” lagi terkeliru. 12, ya, berarti seconds. 43, ya, berarti folders. Kecuali kalau konteksnya tidak membutuhkan pemaknaan jamak-tunggal, mis: nomor urut parpol Pemilu 2009.

Lebih asyik lagi, alternatif penggunaan angka juga dipersonalisasi. Ya, personalisasi, personalisasi, dan personalisasi. Contohnya nama domain dengan menggunakan tanggal dan bulan kelahiran, alamat/nomor rumah, tanggal pernikahan, dst, dst. Pilihan lainnya, bisa juga sebagai penunjuk jumlah uang. 100rupiah, 1000rupiah, 10000rupiah, dst, dst.

Peringatan hari besar nasional/hari libur keagamaan pun bisa dijadikan objek kreasi. 17agustus.com ternyata sudah dimiliki. 27rajab.com juga sama. Tapi sekian puluh hari lain kan masih banyak lagi. Bisa jadi sedikit sentuhan sederhana ini ikut meminimalisir jengah-jenuh yang biasanya melekat pada momen-momen peringatan. Tapi inipun tetap dengan catatan, ada muatan kampanye kreatif yang benar-benar ingin disebarluaskan.

Untuk menyebut contoh, di Indonesia, ada juga beberapa. Berikut sekilas daftar nama domain empunya orang Indonesia, yang ber-angka:

  1. 3daysafter.net
  2. web1hari.com
  3. 15june.com
  4. 28oktober.net

Dan mungkin masih banyak lagi? (silakan tambah di form komentar). Yang penting kan bukan sekedar ber-angka, tapi benar-benar termanfaatkan juga.


  1. PIKO

    KLAU BUAT WEB EMANYA ORANG HRS BYR YA ?
    DI MANA, CB BYRNYA BAGAIMANA & BIASANYA BRAP ?

  1. 1 16Agustus.com, Rengasdengklok 16 Agustus 1945 « Namain’s Weblog

    […] angka, film, merdeka, rengasdengklok, televisi Satu lagi, ia sebuah film, satu judul, dalam nama domain: dengan angka! Nama domainnya baru “dibuat” tanggal 8 Juli 2008. Apakah memang disiapkan sebagai […]




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: